Rabu, 06 Juli 2011

purchasing PT.Sinar Sosro

Kata Pengantar

Puji Syukur kehadiran Allah SWT,berkat rahmat dan hidayah Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Observasi ini pada waktu yang telah ditentukan.
Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada PT.SINAR SOSRO yang telah memberikan kesempatan kepada kami dalam kegiatan Observasi .
Ucapan terima kasih kami sampaika kepada Dosen Logistik Bisnis mata kuliah Manajemen Pembelian Ibu Rd.Adriani Oktora,ST selaku pembimbing dimana didalam pembuatan makalah ini banyak kekurangan didalam menyajikan materi.
Untuk itu,kami selaku penulis sangat berharap kepada Ibu Rd.Adriani Oktora,ST selaku pembimbing mata kuliah Manajemen Pembelian untuk memberi masukan dan saran sehingga Makalah ini dapat memberikan informasi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi kami maupun bagi orang lain.
Akhir kata,kami selaku penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu proses pembuatan makalah ini sehingga makalah ini dapat terselesaikan sesuai dengan apa yang telah ditentukan.

Bandung,27 Juni 2011


Penulis

Bab I
Pendahuluan
I.I Latar Belakang
Dalam Jurusan Logistik Bisnis terdapat mata-kuliah Manajemen pembelian.Dimana dimata kuliah ini kami melakukan Observasi ke suatu perusahaan minuman yaitu PT.Sinar Sosro.Adapun tujuan dari observasi ini adalah untuk memenuhi tugas dari Ibu Adriani Oktora selaku dosen mata kuliah Manajemen pembelian di POLITEKNIK POS INDONESIA.
Adapun alasan kami melakukan observasi ke PT.Sinar Sosro adalah perusahaan minuman ini memiliki proses pengadaan yang sangat lengkap, mulai dari pemilihan supplier sampai produk tersebut tiba ke tangan konsumen.Itu semua melalui proses tahap yang panjang dan kegiatan ini semua tidak lepas dari proses kegiatan pembelian.oleh karena itu kami memilih perusahaan ini sebagai tempat observasi kami.
PT.Sinar Sosro merupakan perusahaan Nasional yang dapat memenuhi kebutuhan minuman di negeri sendiri.Ini adalah awal yang sangat baik bagi bangsa Indonesia didalam memajukan produk didalam negeri.Dan perusahaan PT.Sinar Sosro telah menjawab masalah tantangan.

I.II Ruang Lingkup
Laporan Observasi berikut meneliti PT.Sinar Sosro Jalan Soekarno Hatta No 325 Bandung Jawa Barat, dalam kegiatan manajemen pembelian.Dari kegiatan Observasi ini dapat diambil mengenai Gambaran Perusahaan,Proses pemilihan Supplier,Pengadaan (Identifikasi Kebutuhan),Proses Produksi,Proses Pengiriman ke Gudang serta proses pembelian Pesanan (Purchase Order Processing).




I.III Rumusan Masalah
Dalam penulisan laporan ini kami memiliki rumusan masalah.Berikut adalah rumusan masalah yang kami peroleh :
1) Bagaimanakah profil (Gambaran) Perusahaan PT.Sinar Sosro?
2) Bagaimanakah proses pemilhan supplier yang dilakukan oleh PT.Sinar Sosro baik dalam proses pengadaan maupun dalam proses produksi ?
3) Bagaimanakah proses pengiriman barang ke gudang yang dilakukan oleh PT.Sinar Sosro?
4) Bagaimanakah proses pembelian pesanan (Purchase Order Processing) yang dilkakukan oleh PT.Sinar Sosro?

I.IV Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari laporan ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata-kuliah Manajemen Pembelian dan Laporan Observasi bagi mahasiswa tingkat I POLITEKNIK POS INDONESIA.Dan dapat mengetahui proses kegiatan manajemen pembelian yang dilakukan oleh perusahaan PT.Sinar Sosro yang memberikan manfaat bagi mahasiswa Jurusan Logistik Bisnis sebagai pembelajaran.

I.V Cara Memperoleh Data
Data mengenai PT.Sinar Sosro kami peroleh dengan cara penelitian langsung ke perusahaan tersebut di daerah Jalan Soekarno Hatta No 325 Bandung,Jawa Barat, melalui Observasi yang dilakukan pada tanggal 21 Juni 2011.Dan melalui referensi media Internet pada situs web PT.Sinar Sosro.





Bab II
Pembahasan

II.I Profil Perusahaan PT.Sinar Sosro

SOSRO merupakan pelopor produk teh siap minum dalam kemasan yang pertama di Indonesia. Nama SOSRO diambil dari nama keluarga pendirinya yakni SOSRODJOJO.
Tahun 1940, Keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di sebuah kota kecil bernama Slawi di Jawa Tengah. Pada saat memulai bisnisnya, produk yang dijual adalah teh kering dengan merek Teh Cap Botol dimana daerah penyebarannya masih di seputar wilayah Jawa Tengah.Tahun 1953, Keluarga Sosrodjojo mulai memperluas bisnisnya dengan merambah ke ibukota Jakarta untuk memperkenalkan produk Teh Cap Botol yang sudah sangat terkenal di daerah Jawa Tengah.
Berdiri pada tahun 1974, PT SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Dalam pengembangan bisnisnya, PT. SINAR SOSRO telah mendistribusikan produknya ke seluruh penjuru Nusantara, melalui lebih dari 150 kantor cabang penjualan, serta beberapa Kantor Penjualan.
Selain itu, produk PT. SINAR SOSRO sudah merambah pasar Internasional dengan upaya mengekspor produk-produk dalam kemasan kotak dan kaleng ke beberapa Negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, sebagian Timur Tengah, Afrika, Australia, dan Amerika.






II.II Department Didalam Perusahaan
Adapun departemen PT.Sinar Sosro adalah sebagai berikut :
a. Produksi dan distribusi
Semua produk yang dijual dan didistribusikan oleh PT.Sinar Sosro diproduksi di Indonesia. Sampai dengan Tahun 2008, untuk menjangkau konsumennya, PT. SINAR SOSRO telah memliki 10 pabrik yang tersebar di beberapa wilayah Nusantara.
I.III Produk Yang Diproduksi

 Teh Botol Sosro
 Jasmine Tea

 Joy Tea
 Jasmine Green Tea
 Madu Lemon
 Jasmine Green Tea Less Sugar

 Fruit Tea
 Apple
 Blackcurrant
 Strawberry
 Guava
 Fusion
 Extreme

 Tebs
 Country Juice
 Guava
 Apple Pulp
 Apple Fiber
 Manggo
 Orange
 Goji Berry

 Happy Juice
 Orange
 Apple
 Grape
 Chery B
 Apple Berry

 Prima
 S-tee
 Jasmine Tea

II.IV Proses Pemilihan Supplier
Bahan baku pembuatan Teh Botol Sosro Sendiri adalah sebagai berikut :
1) TEH
Bahan baku teh berasal dari dalam negeri yaitu pada PT.GUNUNG SLAMAT dan bahan baku teh tersebut dikelola oleh PT.AGRO PANGAN selaku sister Company.
Bahan baku teh untuk produk-produk PT. SINAR SOSRO disuplai oleh PT. GUNUNG SLAMAT, sedangkan bahan baku teh tersebut dikelolah oleh PT. AGRO PANGAN selaku sister company. Bahan baku teh untuk PT. Sinar Sosro berasal dari:
• Perkebunan Teh Gunung Rosa di Cianjur
• Perkebunan Teh Gunung Manik di Cianjur
• Perkebunan Teh Gunung Cempaka di Cianjur
• Perkebunan Teh Gunung Satria di Garut
• Perkebunan Teh Daerah Neglasari di Garut
• Perkebunan Teh Daerah Cukul di Pangalengan
• Perkebunan Teh Daerah Sambawa di Tasikmalaya

2) AIR
Bahan Baku air sendiri diperoleh dari dalam negeri yaitu dibawah tanggung jawab dari REKSO (Holding Company) sebagai induk perusahaan yang berkedudukan di Jakarta.Dimana didalam memenuhi bahan baku ini pihak dari REKSO bekerjasama dengan para supplier air yang ada didalam negeri.

3) GULA INDUSTRI
Bahan baku gula industri sendiri didapatkan dari supplier dari luar negeri, gula yang dimaksud disini adalah gula industri yang memiliki kualitas yang sangat tinggi dimana pihak dari PT.SINAR SOSRO sangat memperhatikan kualitas dari produknya dan gula industri merupakan jawabanya, karena gula ini beda dengan gula seperti yang biasanya,gula industri ini memiliki rasa sensitivitas yang tinggi, yaitu apabila gula ini digunakan lebih dalam takaran didalam pembuatan Teh Botol Sosro maka rasa yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.Oleh karena itu pihak dari PT.SINAR SOSRO sangat memprioritaskan kualitas adalah nomor satu dan yang paling diutamakan.Dimana didalam perusahaan ini terkenal istilah “3K” yaitu :
• Kebersihan
• Kualitas
• Keamanan
(Produk yang bersih dan berkualitas maka aman untuk dikonsumsi).
II.V Proses Pengadaan
Proses pengadaan yang dilakukan oleh PT.SINAR SOSRO yaitu diatas nawungan dari REKSO (Holding company) selaku induk perusahaan yang berkedudukan di Jakarta yang mengurus semua masalah pengadaan dan kebutuhan yang diperlukan didalam pembuatan Teh Botol Sosro maupun produk lainnya yang masih satu produksi dengan Sosro.Adapun proses pengadaan yang dilakukan pihak Sosro adalah sebagai berikut :
• Proses Pemilihan Supplier
Proses pengadaan supplier disini telah ditangani oleh pihak REKSO sendiri sebagai Induk perusahaan dan bagi perusahaan cabang seperti PT.SINAR SOSRO hanya sebagai distibutor karena semua proses pengadaan supplier maupun pembelian telah dilakukan dari perusahaan induk sediri (REKSO).

• Proses Pembotolan (Pengisian)
Proses pengisian ini dilakukan di pabrik di bekasi sebagai induk perusahan untuk wilayah Jawa Barat yang nantinya akan didistribusikan ke kantor perusahan wilayah seperti di PT.SINAR SOSRO jalan Soekarno Hatta No 325 Bandung.Dan pihak perusahaan cabang hanya mendistribusikan produk dari pabrik.

• Proses Packaging Produk
Proses Packaging ini dimulai dari Pembotolan,Pelabelan produk,pengkardusan produk semuanya telah diatur oleh pihak REKSO sebagai induk perusahaan didalam memenuhi kebutuhan pengadaan didalam pembuatan produknya.

• Proses Pengangkutan (Armada)
Proses pengangkutan juga telah diatur dan di koordinasi oleh pihak REKSO.Dimana didalam proses pengangkutan ini pihak Rekso hanya mengkoordinasi mulai dari Pabrik ke Kantor Perwakilan dan untuk seterusnya menggunakan armada private dari masing-masing kantor penjualan wilayah.

II.VI Proses Pengiriman Barang Ke Gudang
Proses pengiriman barang ke gudang dilakukan dengan mengunakan armada dari PT.SINAR SOSRO sendiri dimulai dari pabrik sampai ke kantor perwakilan sedangkan kegiatan distrubusi selanjutnya dilakukan dengan menggunakan armada dari tiap masing-masing perusahan cabang itu sendiri.
Adapun gambar alur distribusi PT.SINAR SOSRO adalah sebagai berikut :




















II.VII Proses Pembelian Pesanan (PO)

PT.SINAR SOSRO
Kantor Penjualan Bandung II
Jl.Soekarno-Hatta No.815 Cisaranten Wetan
Ujungberung-Bandung,Telp.(022) 7806884

Purchase Order

Nama Outlet :
Alamat Outlet :
Tanggal Pesan : Tgl.Kirim :

No PRODUK VOL. RASA QUANTITY HARGA JUMLAH
1 Teh Botol Sosro 220 ml
2 Fruit Tea Botol 235 ml Apel
Black Current
3 TEBS 230 ml
4 JTB 234
5 CCK 250 ml Apple
Orange
Guava
Mangga
6 CCK 1 L Apel
Orange
Guava
Mangga
7 HJG 200 ml Apple
Grape
Orange
Apple Bery
Chery Bery
8 Jaminan PB
Total Rp.

Keterangan : Cara Pembayaran :

Tunai Kredit Giro

Outlet Pemesan Sales To





II.VIII Segmentasi Pasar Yang Dituju
Segmentasi pasar yang dituju pada PT.SINAR SOSRO adalah kawasan bandung, Jawa Barat.Dan terutama untuk kalangan bawah sampai kalangan atas dan tujuan segmentasi mulai anak-anak,Remaja,Mahasiswa sampai orang dewasa.
 Pemasaran Secara Langsung
 Pemasaran Secara Tidak Langsung
 Pemasaran dengan Cara TTP ( Pemasaran yang dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga).

II.IX Struktur Organisasi PT.SINAR SOSRO












Ket :
1. GM ( General Manajer )
2. Spv. Logistik ( Supervisor Logistik )
3. Ast.M I ( Asisten Manajer I )
4. Ast.M II ( Asisten Manajer II )
5. Ast.M III ( Asisten Manajer III )
6. Ast.MD ( Asisten Manajer Distribusi )
7. P&GAM ( Personel & General Afair Manajer )
8. MSM ( Manajer Support )
9. AFM ( Accounting Financial Manajer )
BAB III
Kesimpulan


III.I Kelebihan Dan Kekurangan PT.SINAR SOSRO

Kelebihannya yaitu :
 PT.Sinar Sosro merupakan produk asli Indonesia dan produk Sosro sudah merambah ke kawasan internasional seperti negara Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, sebagian Timur Tengah, Afrika, Australia, dan Amerika.
 Sudah mampu bekerjasama dengan negara-negara Maju didalam medistribusikan barang-barang produknya.
 PT.SINAR SOSRO memiliki proses Purchase Order yang tersusun rapi dan terstruktur.
 PT.SINAR SOSRO tidak hanya memproduksi Teh Botol Sosro tapi juga berbagai macam produk seperti Fruit Tea,Tebs,S-tee,Chountry Juice,Happy Juice,Joy Tea dan Prima.
 PT.SINAR SOSRO sudah cukup memilki tenaga-tenaga ahli yang handal.
 PT.SINAR SOSRO memiliki perkebunan Teh sendiri yang sudah cukup teroganisir didalam pemenuhan kebutuhan bahan baku.

Kekurangannya yaitu :
 PT.Sinar Sosro didalam penggunaan bahan baku seperti gula masih memasok dari luar negeri.
 Untuk kawasan Indonesia timur terutama daerah Papua PT.Sinar Sosro tidak memiliki kantor penjualan wilayah, jadi mebutuhkan biaya transportasi yang tinggi.



III.II Perbandingan Manajemen Pembelian PT.Sinar Sosro dengan Manajemen Pembelian teori pekuliahan.

Yang diperbandingkan MP. PT.Sinar Sosro MP. Teori perkuliahan
Purchase Requestion dan Purchase Order Data-data nya cukup lengkap dan banyak Data-datanya cukup sederhana
Struktur organisasi Cukup detail dan bentuk struktur organisasinya memanjang Culup sederhana dan bentuk struktur organisasi nya singkat
Alur pembelian Alurnya cukup lengkap dan bentuknya alurnya memanjang Alurnya cukup sederhana dan bentuk alurnya lebar


III.III Saran
PT.SINAR SOSRO merupakan perusahaan minuman siap saji yang sudah terkenal di Indonesia.Berbagai jenis produk yang telah diproduksi mampu bersaing di pasar nasional maupun Internasional.Ini merupakan kebanggan tersendiri buat negara kita, karena di dalam era globalisasi produk dalam negeri mampu bersaing dengan produk luar.Bahkan PT.Sinar Sosro telah menjalin kerjasama dengan berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, sebagian Timur Tengah, Afrika, Australia, dan Amerika di dalam memperluas dan memasarkan produknya.Sehingga dengan adanya kerjasama ini akan meningkatkan penjualan dari produk itu sendiri.
Alangkah baik nya PT.Sinar Sosro sebelum mengimpor produknya ke berbagai negara terlebih dahulu memperhatikan penjualan didalam negeri,karena untuk daerah Indonesia Timur didalam mendistribusikan produk masih menelan biaya yang mahal dan Untuk bahan baku seperti Gula industri sebaiknya harus ada supplier dari dalam negeri didalam mencapai suatu perusahaan yang mandiri.




DAFTAR PUSTAKA

• Hasil observasi lapangan ke PT.SINAR SOSRO No.325 Jalan Soekarno Hatta Bandung,Jawa Barat.
• Bersumber dari http://www.sosro.com/profil-perusahaan.php ( Diakses pada tanggal 21 juni 2011)
• Bersumber dari http://www.sosro.com/ (Diakses pada tanggal 21 juni 2011)



























LAMPIRAN

• Purchase Order PT.SINAR SOSRO
• Faktur Penjualan PT.SINAR SOSRO






















Daftar Isi
Kata Pengantar 1
Bab I 2
Pendahuluan 2
I.I Latar Belakang 2
I.II Ruang Lingkup 2
I.III Rumusan Masalah 3
I.IV Tujuan Penulisan 3
I.V Cara Memperoleh Data 3
Bab II 4
Pembahasan 4
II.I Profil Perusahaan PT.Sinar Sosro 4
II.II Department Didalam Perusahaan 5
I.III Produk Yang Diproduksi 5
II.IV Proses Pemilihan Supplier 6
II.V Proses Pengadaan 7
II.VI Proses Pengiriman Barang Ke Gudang 8
II.VII Proses Pembelian Pesanan (PO) 9
II.VIII Segmentasi Pasar Yang Dituju 10
II.IX Struktur Organisasi PT.SINAR SOSRO 10
BAB III 11
Kesimpulan 11
III.I Kelebihan Dan Kekurangan PT.SINAR SOSRO 11
III.II Perbandingan Manajemen Pembelian PT.Sinar Sosro dengan Manajemen Pembelian teori pekuliahan. 12
III.III Saran 12
DAFTAR PUSTAKA 13
LAMPIRAN 14











1 komentar:

  1. Pak, kalo proses alur pemesanan dan pengiriman produknya gimana?
    Mohon bantuanya....terima kasih

    BalasHapus